jika aku menjadi pemimpin

Pemimpin adalah sebuah tanggung jawab besar dan tidak semua orang dapat mengemban tugas sebagai pemimpin kecuali mempunyai kemauan dan kerja keras serta rasa tanggung jawab yang tinggi. Kepemimpinan dapat dipupuk sejak dini agar terus dapat berakar hingga kelak nanti.

Dalam perkoperasian, seorang pemimpin juga sangat dibutuhkan untuk mengatur kegiatan dan sunber daya yang ada. Seorang pemimpin harus memiliki kriteria yang kuat.

Jika saya menjadi seorang pemimpin dalam koperasi maka saya sudah seharusnya mengetahui dan mempelajari apa itu koperasi, tujuan, fungsi dan strukturnya. yang dimana semua pembelajaran itu didapat lewat proses belajar dari teori maupun pengalaman.

Seorang pemimpin yang baik juga hendaknya aktif dan kritis dalam kehidupan roda perkoperasian. Karena seperti yang kita ketahui bahwa perkoperasian sudah menjadi permasalahan umum di negeri ini. Contohnya keterbatasan dana, peng-administrasi-an yang tidak memenuhi standar, banyaknya persaingan di bidang usaha lain, "negative thinking" dari masyarakat. Saya sebagai pemimpin harus dapat berusaha untuk memperbaiki kinerja dan mendapatkan solusi dan pemecahan dari permasalahan-permasalahan tersebut.

Salah satunya yang dapat saya lakukan adalah dengan meningkatkan partisipasi anggota dengan lebih mendekatkan diri dengan anggota dan meningkatkan komunikasi. Dibutuhkan juga bantuan dan partisipasi dari pihak kedua atau pihak dalam perkoperasian. Misalnya, pihak manajemen yang memerlukan berbagai informasi yang berasal dari anggota, khususnya informasi tentang kebutuhan dan kepentingan anggota. Informasi ini hanya akan diperoleh jika partisipasi dalam koperasi berjalan baik.

Hal lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan kerjasama dengan bidang usaha lain agar dapat meningkatkan kinerja koperasi dan pemanfaatan sumber daya untuk mendukung produktifitas koperasi.

Diperlukannya suatu manajemen dalam pelaksanaan koperasi, baik dari bentuk perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi, dan pengawasan. Manajemen koperasi sangat berfungsi dalam pengambilan keputusan yang tetap tak terlepas dari partisipasi anggota.

Apabila seluruh kegiatan koperasi berjalan teratur dan telah adanya pembagian tugas yang baik dan benar maka dasar manajemen koperasi sudah berjalan baik, tinggal melanjutkannya hingga pengambilan keputusan yang tepat dalam mempertahankan dan membangun koperasi.


Mungkin ini hanya sebagian teori yang dapat saya realisasikan apabila saya terpilih menjadi pemimpin sebuah koperasi.




0 komentar:

Posting Komentar