Orang Terkaya di Dunia tahun 2010



Jadi inget lagu nya Oppie Andaresta kalau membaca artikel-artikel tentang Carlos Slim, Si orang terkaya di dunia. Bahkan saya sampai "speechless". Jadi lebih baik anda baca sendiri artikel dibawah ini. hehe.


Carlos Slim, warga Mexico yang dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia, sejak umur sepuluh tahun sudah menunjukkan talenta bisnis dengan berjualan minuman dan kudapan demi keluarga.

Lebih dari setengah abad kemudian Slim (70) telah menimbun keuntungan senilai 53,5 milyar dolar AS dan mengalahkan pemilik Microsoft Bill Gates di puncak orang terkaya dunia berdasarkan ranking terbaru yang dirilis majalah Forbes, Rabu.

Kerajaan bisnisnya meliputi department store, perusahaan terbesar tekomunikasi, hotel, restoran, pengeboran minyak, gedung firma dan bank Inbursa -- sampai-sampai, sulit untuk mencari hal yang tidak berhubungan dengannya di Mexico.

Di luar Mexico Slim memiliki beberapa perusahaan prestisius seperti Saks dan New York Times Co.

Dia meraup untung besar pada 1990 ketika ia dan temannya membeli perusahaan telepon negara Telmex senilai 1.7 milyar dolar AS. Slim lalu mengubah perusahaan itu menjadi mesin uang dan membeli America Movil lalu memperbesarnya melalui akuisisi hingga menjadi perusahaan wireless nomor empat terbesar di dunia.

Pada saat kritik- kritik menuduhnya menggunakan monopoli dalam membangun keuntungan, Slim memiliki filosofi yang sederhana dalam mencari uang.

"Kekayaan itu seperti kebun Anggur," katanya kepada Reuters pada 2007. "Kebun anggur itu harus dibuat tumbuh, diinvestasikan ulang agar makin besar atau didiversivikasikan ke tempat lain."

Slim si perokok cerutu itu punya sentuhan "tangan Midas", dia membeli perusahaan yang sedang sulit lalu mengubahnya menjadi mesin uang.

Pada 2008, dia membeli sejumlah saham di New York Times. Sekarang dia bisa memperoleh 80 juta dolar untuk pinjaman 250 juta dolar yang dia berikan untuk perusahaan itu dan masih ditambah 16 persen saham. Tapi, Slim tak berminat jadi raja media di AS.

Slim belajar bisnis pertamanya dari sang ayah, Julian Slim Haddad, seorang imigran Libanon yang datang ke Mexico pada awal 1900. Haddad membuka toko kelontong "Star of the Orient" dan membeli properti dengan harga murah saat terjadi revolusi Mexico.

Pada 1987, ketika saham Mexico terserang krisis, Slim melihat kesempatan dengan membeli murah dan menjualnya setelah krisis usai.

"Kita tahu krisis itu hanya bersifat sementara dan tidak ada setan yang berumur lebih dari 100 tahun, jadi selalu ada sebuah kesempatan," kata Slim.

Dia juga pernah berkata "ketika ada krisis yang memprovokasi terjadinya penyesuaian, hal itu akan diikuti reaksi yang berlebihan dan semuanya jadi dihargai terlalu murah."

Meski paling kaya, dia sudah 40 tahun tinggal di rumah yang sama dan menyetir Mercedes Benz tua meski dilindungi para pengawal.Setelah kuliah teknik, Slim mendirikan perusahaan real estate dan bekerja sebagai pialang saham di Bursa Saham Mexico.

Kekayaannya tubuh lalu dia membuka perusahaan saham pada pertengahan 1960. Satu dekade kemudian dia sudah punya ciri yaitu membeli perusahaan bangkrut termasuk perusahaan rokok. Dia memperoleh departement store dan cafe Sanborns, sebuah perusahaan tambang serta pabrik kabel dan ban.

Pada 1990 Slim bersama temannya membeli perusahaan Telmex dan meluncurkan kerajaan telekomunikasi. America Movil sekarang mempunyai 201 juta pelanggan dari Barzil hingga Amerika Serikat.

Slim telah menyerahkan pengelolaan sehari-hari perusahaan-perusahaan kepada tiga anaknya maupun para mitra bisnis yang setia. Namun, dia berkuasa penuh saat muncul di depan media.

Dia kemudian ikut memerangi kemiskinan,buta huruf dan kesehatan yang buruk di Amerika Latin tapi tidak pernah berbagi harta untuk amal seperti yang dilakukan miliuner Bill Gates dan Warren Buffett.

Dia berkata, seorang pebisnis lebih baik terus menciptakan lapangan kerja dan kekayaan lewat investasi serta bukan "bersikap seperti Sinterklas".(ADM/A038)

(sumber : http://www.antaranews.com/berita/1268308646/sosok-terkaya-sedunia-carlos-slim)

0 komentar:

Posting Komentar